IMAM FIRDAUS BLOG

Blog Tempat Kita Belajar, Berbagi, dan Bermain

Search
Your Are in   Home     Aplikasi     Pentingnya Bertanya Biar Nggak Sesat di Jalan, #AskBNI Selalu Siap Menjawab

Pentingnya Bertanya Biar Nggak Sesat di Jalan, #AskBNI Selalu Siap Menjawab

     Januari 22, 2016   16 Comments

bnicoidMalu adalah sifat yang pasti dimiliki oleh setiap orang. Sebenarnya memiliki rasa malu itu tidak salah. Namun, jika rasa malu terlalu kuat menahan diri untuk berbuat positif, maka tentu menjadi tidak baik. Seperti ketika Anda merasa malu untuk bertanya. Padahal jika Anda tidak bertanya, Anda tidak tahu jalan pulang, tidak tahu informasi tertentu, atau tidak tahu di mana saat ini berada. Sebaliknya, jika Anda orang tidak malu untuk bertanya, pasti segala informasi yang ingin diperoleh pasti bisa. Ingat pepatah ini, “Mau Bertanya Nggak Sesat di Jalan”. Sebagai contoh, jika Anda mau bertanya kepada orang lain untuk menanyakan keberadaan Anda, pasti Anda tahu apa yang harus dilakukan berikutnya. Lalu seberapa pentingkah bertanya itu?

1. Dengan Bertanya, Anda dapat Memperoleh Jawaban
Bertanya itu penting karena dengan bertanya, Anda dapat memperoleh jawaban. Setiap pertanyaan yang Anda ajukan, pasti akan segera memperoleh jawabannya. Berbeda jika Anda tidak bertanya, maka Anda tidak akan pernah dapat memperoleh jawaban tersebut.

2. Dengan Bertanya, Anda dapat Memperoleh Pencerahan
Jawaban adalah pencerahan bagi Anda. Ibarat kata, pertanyaan adalah sisi gelap yang harus segera diterangkan. Cara yang harus Anda lakukan adalah dengan bertanya agar segera memeproleh pencerahan tersebut. Dengan bertanya, maka Anda dalam proses membuka jalan terang tersebut. perlahan namun pasti. Ada banyak pertanyaan dalam pikiran Anda. satu per satu pertanyaan tersebut mulai terjawab karena Anda bertanya.

3. Dengan Bertanya, Anda Menjalin Silaturahmi dengan Sesama
Dengan bertanya, Anda dapat menjalin silaturahmi dengan sesama. Ketika Anda bertanya kepada orang yang tidak dikenal. Secara tidak langsung Anda telah menjalin sialturahmi. Mengapa, karena Anda menghargai orang-orang yang ada di sekitar Anda dengan bertanya. Apalagi ketika Anda bertanya mengenai suatu hal dan kebetulan pertanyaan yang Anda ajukan sangat dipahami oleh orang tersebut. Tentu suatu hari nanti ketika Anda ingin memperoleh informasi terkait hal yang sama, pastilah akan menghubungi orang tersebut. Dari situlah kemudian komunikasi akan terjalin dan menghubungkan ke arah silaturahmi.

4. Dengan Bertanya, Anda Menjadi Sosok Rendah Hati
Dengan bertanya, Anda berarti menyadari bahwa sesama manusia, pasti akan saling membutuhkan. Manusia adalah mahluk sosial yang akan sangat membutuhkan pertolongan orang lain. Dengan bertanya, adalah bentuk Anda dalam meminta tolong. Anda menyadari bahwa ketika bertanya, maka orang lain pasti akan membantu Anda dengan menjawab pertanyaan tersebut. Dari situ, sikap Anda menunjukkan sisi yang possitif. Bertanya akan membuat Anda menjadi sosok yang rendah hati. Rendah hati berarti tidak sombong. Percaya bahwa orang lain dapat membantu Anda. Sebaliknya, jika Anda tidak mau bertanya entah karena malu atau apapun itu, menggambarkan bahwa Anda addalah orang yang tidak rendah hati alias sombong. Apakah tanpa bertanya Anda dapat mengetahui segala informasi? Tentu saja tidak.

5. Dengan Bertanya, Anda Memperoleh Masukan
Bertanya tidak selalu berkaitan untuk memperoleh jawaban langsung dan pasti. Ketika seseorang bertanya juga untuk memperoleh masukan dari beberapa pihak yang memang berkepentingan. Sebagai contoh, ketika Anda dalam suatu rapat dan diskusi. Anda bertanya agar orang-orang dalam forum diskusi tersebut memberikan masukan atas diskusi yang sedang berjalan.

Seperti yang diketahui, manusia diberi anugerah oleh Tuhan dapat berbicara dengan sesama manusia. Jika, manusia tidak mensyukuri kenikmatan yang Tuhan berikan, jelas akan membuat kehidupan yang berjalan ini terasa tidak mudah untuk dijalankan. Jangan sampai Anda termasuk orang yang malu bertanya. Jadilah orang yang “Mau Bertanya Nggak Sesat di Jalan”. Agar lima kerugian di bawah ini tidak Anda alami.

5 Kerugian Jika Malu Bertanya

1. Menjadi Orang yang Dangkal Informasi
Kerugian pertama jika Anda malu bertanya adalah menjadi orang yang dangkal informasi. Anda tidak akan memperoleh informasi secara lengkap. Memang akan ada beberapa informasi yang diperoleh tanpa Anda bertanya. Namun, lebih lengkap informasi yang diperoleh ketika Anda bertanya. Bagaimana itu terjadi? Sebagai contoh, ada kejadian tertentu di desa Anda. Namun, Anda tidak mau bertanya kepada tetangga sekitar dengan apa yang terjadi saat itu. Mencari melalui internet, tidak ada pemberitaan mengenai kejadian tersebut.  Seperti itulah keterbatasan dan kedangkalan informasi yang Anda peroleh dengan malu bertanya.

2. Menjadi Orang yang Kurang Update
Kerugian kedua jika Anda malu bertanya adalah menjadi orang yang kurang update. Anda tidak tahu informasi terbaru apa yang sedang marak diperbincangkan. Mungkin, masih tertolong jika Anda aktif di sosial media online. Karena berita-berita update selalu diberitakan sejak awal. Namun, berbeda jika Anda tidak tahu-menahu bagaimana cara menggunakan gadget. Alhasil, Anda menjadi orang yang selalu terlambat memperoleh berita atau informasi. Atau bahkan tidak akan pernah tahu berita atau informasi tentang apapun karena Anda malu bertanya.

3. Menjadi Orang yang sedikit Memiliki Teman
Kerugian ketiga jika Anda malu bertanya adalah menjadi orang yang sedikit memiliki teman. Karena orang lain menganggap Anda tidak memerlukan mereka. Anda jarang sekali bertanya sehingga orang-orang menjauhi Anda. Teman-teman Anda berpikir bahwa tanpa mereka, Anda dapat hidup, Anda dapat mengetahui segalanya, itulah yang kemudian membuat Anda dikucilkan dan tidak memiliki teman. Apakah Anda mau seperti itu?

4. Menjadi Orang yang Sulit Mengatasi Masalah
Kerugian keempat jika Anda malu bertanya adalah menjadi orang yang sulit mengatasi masalah. Padahal beberapa masalah dapat dengan mudah diatasi ketika Anda mau bertanya. Mau bertanya jelas membuat Anda tidak tersesat di jalan. Apapun masalah Anda akan terasa lebih mudah, ringan, dan cepat diselesaikan dengan bertanya. Karena dengan bertanya, orang lain memberikan jawaban. Jawaban tersebut dapat menjadi solusi atas permasalahan yang terjadi.

5. Menjadi Orang yang Bingung
Kerugian kelima jika Anda malu bertanya adalah menjadi orang yang bingung. Kebingungan tersebut secara langsung akan Anda alami. Karena Anda merasa tanpa bertanya semua hal dapat dilakukan sendiri. Namun, tidak demikian karena Anda akan dibuat bingung dengan kebingungan yang muncul dalam diri Anda. Bingung karena Anda tidak tahu harus berbuat. Padahal dengan bertanya, Anda dapat mengatasi kebingungan tersebut.

#AskBNI Membantu Anda Menjawab Pertanyaan

Kelima kerugian yang telah saya sebutkan di atas menjadi penjelasan bahwa malu bertanya jelas membuat sesat di jalan. Namun, ketika Anda tidak malu menggunakan #AskBNI, lima kerugian di atas tidak akan dialami. Bertanya tidak selalu dilakukan antara orang per orang. Dengan seiring perkembangan teknologi, Anda juga dapat bertanya melalui aplikasi #Ask BNI. Aplikasi ini merupakan aplikasi bagi nasabah BNI untuk menjawab pertanyaan seputar bank BNI. Seperti promo, seputar Taplus BNI, kartu ATM yang hilang, kartu ATM yang tertelan, kartu debit, dan lain sebagainya.

AskBNI-imamfirdaus

Baru saja dirilis pada tanggal 2 Desember 2015 lalu, #AskBNI menjadi langkah awal bank BNI lebi dekat dengan para nasabah BNI. Ketika Anda memiliki pertanyaan seputar hal-hal yang terkait dengan bank BNI, maka tinggal tanyakan melalui akun Twitter resmi @BNI46, dengan cara follow akun tersebut, lalu Anda bisa langsung mengirimkan pesan melalui Direct Message dengan mengetik #AskBNI. Sebagai contoh, jika Anda hendak bertanya mengenai Taplus BNI, cukup mengetik #AskBNI spasi #Taplus di Twitter. BNI akan segera menjawab pertanyaan Anda seputar Taplus bank BNI Anda.

bni taplus

Jangan sampai lima kerugian di atas Anda alami. Ditambah lagi dengan kerugian malu untuk memanfaatkan #AskBNI. Cobalah untuk berlatih percaya diri ketika memang harus bertanya.

 

Inilah Pengalaman Saya Bertanya dengan BNI

Saya adalah seorang blogger dan bekerjasama dengan broker iklan luar negeri. Salah satu syarat dari mereka yaitu metode pembayaran diharuskan menggunakan paypal, kemudian saya membuat akun paypal. Setelah akun paypal jadi, disitu mulai bingung dan bertanya-tanya dalam pikiran saya “Terus pencairan dollar dari paypal menjadi rupiah gimana ya caranya? Dan yang efektif pakai Bank apa ya?”.

Nah setelah itu saya mulai bertanya pada teman-teman saya, dari beberapa teman saya sebagian besar mereka tidak tau caranya. Kemudian saya ingat bahwa ada satu teman yang sudah biasa transaksi online dengan paypal, namanya Rudy. Saya langsung ke rumahnya Rudy dengan membawa pertanyaan tadi. Rudy merekomendasikan saya memakai Bank BNI karena dengan BNI proses withdraw dari paypal cukup mudah.

Pada bulan April 2014 saya mendaftar menjadi nasabah BNI di kantor cabang Bungah Gresik. Pelayanannya ramah dan menyenangkan.

kantorbni

Kantor Cabang Bungah Gresik

Pada saat itu sekalian saya aktifkan internet banking dan SMS banking untuk memudahkan transaksi online sesuai profesi saya.

BUkti BNI

Bukti Transaksi Paypal dengan BNI

Bahagia rasanya ketika dapat transfer dollar dari broker luar negeri lalu bisa saya cairkan ke Bank BNI kapanpun dan dimanapun bahkan dari kamar saya sendiri. Itulah bukti nyata bahwa “MAU BERTANYA GAK SESAT DIJALAN”.
Pada saat itu dan sampai saya memiliki usaha kecil sekarang, saya tetap bertransaksi menggunakan BNI.

nasabahbni
transaksibni

Jadi, mengapa Anda harus malu untuk bertanya. Jika ternyata pentingnya bertanya dapat semakin mempermudah segala hal dalam hidup Anda. Malu bertanya benar-benar akan membuat Anda sesat di jalan. Tidak tahu arah tepat untuk menuju ke suatu tempat. Namun, dengan bertanya, segalanya akan lebih mudah karena ada jawaban yang Anda peroleh.

  •   Published On : 2 tahun ago on Januari 22, 2016
  •   Author By :
  •   Last Updated : Februari 13, 2016 @ 4:29 pm
  •   In The Categories Of : Aplikasi

About the author

Penulis

Saya seorang Wiraswasta yang suka nge-blog dan share informasi di blog.

16 Comments

  1. Neng Hida berkata:

    Artikel Anda berbanfaat mas.. Trims udh nambah wawasan

  2. feridi berkata:

    keren gan

    kunjungi juga ya
    Malu Bertanya Sesat di Jalan, Mau Bertanya Hanya di #AskBNI Yang Menjawab
    http://feridi.blog.upi.edu/2015/12/29/malu-bertanya-sesat-di-jalan-mau-bertanya-hanya-di-askbni-yang-menjawab/

  3. Abdul Rahman berkata:

    Mampir baca ulasannya, memang betul BNI karyawannya ramah banget, saya udah 4 tahun jadi nasabah bank BNI ga pernah ada komplain 😀 memang harus bertanya, karena banyak manfaatnya.
    Kunjungi ulasan saya juga ya

  4. Imam Asnawi berkata:

    Makasih atas kunjungannya Mas Rahman, kita sama2 nasabah bank BNI aq jg blm pernah ada komplain mas… dengan adanya #AskBNI ini sebagai solusi informasi yg lengkap. 🙂

  5. Della berkata:

    Lengkap sekali mas tentang BNI ^^ semoga beruntung!

    Mampir juga donng, mas, kesini: https://delladaily.wordpress.com/2016/01/15/askbni-memudahkan-ku-menjelajah-indonesia/ hihi trims

  6. fajrin berkata:

    artikelnya bermanfaat sekali 🙂

  7. Kalau diibaratkan nasi goreng, artikel ini lengkap dengan telor dan seafood-nya. Hehee.
    Top deh 🙂

  8. Emm.. ya gitu donk buat artikel yang bagus,,,, 😀 …

  9. riskaa87 berkata:

    Rupanya banyak sekali ya manfaat dari bertanya.. malu bertanya bisa merugikan diri sendiri..

    sila berkunjung juga di https://november87.wordpress.com/2016/01/31/wander-ask-repeat-bni-blogging-competition-askbni/

    thanks.

Tinggalkan Balasan - Klik Icon Sosial Media, jika berkomentar dengan Sosial Media

You might also reading...

Krisis Kastil Castle Clash

Krisis Kastil Castle Clash dan Pahlawan Terbaru

Read More