Imam Firdaus Blog

Blog Tempat Kita Belajar, Berbagi, dan Bermain

Back to Top

12 Peluang Bisnis Rumahan yang Menguntungkan

imamfirdausSetiap orang mempunyai impian ingin memiliki bisnis atau berwirausaha sendiri. Salah satu yang bisa membantu Anda mendapatkan itu semua adalah bisnis yang Anda dirikan di rumah Anda sendiri. Untuk memulai bisnis memang tidak selalu membutuhkan modal yang besar, tapi dengan syarat kita tahu caranya. Jika sudah mempunyai keinginan serta keyakinan maka segeralah bertindak untuk mewujudkannya.

Selanjutnya, dengan kreatifitas dan ketekunan, kita bisa menyulap hobi, keterampilan atau bakat menjadi bisnis rumahan yang bisa mendatangkan uang yang menguntungkan. Modal besar bukan faktor utama, akan tetapi ketekunan dan keseriusan itulah modal awal untuk memulai bisnis rumahan. Sehingga bisnis tersebut dapat terus berkembang. Berikut ini adalah 12 ide bisnis yang bisa dilakukan di rumah:

1. Bisnis Aneka Kue
Banyak pilihan bisnis yang bisa kita lakukan di rumah kita sendiri. Pilihlah jenis kue yang paling banyak diminati dan paling cocok dikonsumsi sehari-hari. Contohnya brownies kukus, bolu, pastel, risoles, kue lapis, lumpia dll. Manfaatkan hari-hari istimewa seperti momen ulang tahun atau lebaran untuk menerima orderan kue kering dan cake. Jika rumah Anda berada dilokasi yang strategis, mulailah untuk membuka display di garasi atau di teras rumah.
Bisnis kue ini juga bisa sangat menjanjikan, terlebih ketika tiba musim lebaran atau Idul Fitri, dan hari spesial lainnya. Anda juga bisa menerima pesanan dari orang lain, seperti kue atau tart untuk acara- acara tertentu. Bisnis ini juga sedikit membutuhkan banyak tenaga dan waktu, terlebih ketika Anda mendapat banyak pesanan.

2. Laundry
Pada era modern seperti ini bisnis yang sedang banyak dicari dan diminati oleh masyarakat adalah bisnis laundry. Karena banyak orang yang tidak memiliki waktu yang lebih untuk mencuci pakaiannya, maka dari itu mereka menggunakan jasa tukang laundry untuk menyelesaikan salah satu pekerjaan rumah mereka. Ketika Anda memilih untuk membuka bisnis laundry, Anda perlu menyiapkan tempat yang memadai. Anda akan memerlukan banyak peralatan pendukung, seperti mesin cuci, pengering pakaian, setrika dan sebagainya. Anda bisa menggunakan halaman belakang depan atau belakang rumah Anda untuk menjemur pakaian yang sudah selesai dicuci. Ini bisa menjadi pilihan berbisnis di rumah.

3. Bengkel
Bisnis dirumah bukan hanya bisa dimiliki oleh para ibu rumah tangga. Bapak atau laki-laki juga bisa mendirikan usaha di rumah mereka. Salah satunya yaitu mendirikan sebuah bengkel kecil. Jika Anda memiliki kemampuan dalam bidang otomotif, bisnis ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda menyalurkan kemampuan Anda dan juga mencari nafkah. Anda kembali bisa memanfaatkan ruang di rumah Anda yang tidak digunakan, seperti halaman rumah atau garasi yang tidak digunakan, untuk mendirikan bengkel.

4. Warung Makan
Anda hobi memasak, atau mempunyai keterampilan memasak Anda bisa membuka bisnis rumahan, yaitu bisnis warung makan. Gunakan resep-resep favorit keluarga atau resep yang sudah Anda kuasai pembuatannya. Jangan tergiur untuk membuat banyak resep, mulailah dengan 3-4 jenis dahulu. Tambahkan jenisnya jika penjualan mulai stabil. Dengan modal kurang dari 1juta, bisnis ini sudah dapat dimulai.

5. Percetakan
Konsumen Anda dalam bisnis rumahan jasa percetakan diantaranya adalah siswa-siswi yang ingin mencetak tugas ataupun makalah, remaja yang mau mencetak foto, dan pengusaha yang tidak memiliki waktu banyak untuk membuat kartu nama. maka Anda dapat mengambil peluang tersebut untuk menjadikan usaha yang menjanjikan. Yang harus Anda persiapkan dalam menjalani bisnis adalah komputer, printer, scanner dan juga waktu luang yang relatif banyak.

6. Kerajinan
Untuk membuka peluang usaha kerajinan/merajut, tidaklah membutuhkan modal yang besar. Yang dibutuhkan adalah ketrampilan dalam merajut dan mampu menghasilkan produk yang bervariasi. Produk paling mudah yang sering diproduksi diantaranya tempat handphone, tas, taplak meja, bandana, topi maupun peci. Karena proses produksinya cukup rumit dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, maka tak heran jika harga jual produk rajutan dihargai sesuai tingkat kesulitan, kerumitan dan lama pengerjaan.

7. Konveksi
Anda bisa membuka sebuah usaha konveksi di rumah Anda sendiri. Tentu saja Anda harus memiliki kemampuan untuk menjahit dan sebagainya yang berhubungan dengan konveksi. Bisnis ini akan membutuhkan banyak tenaga untuk membantu Anda menyelesaikan pesanan atau bahkan produk yang ingin Anda jual. Pada awalnya memang sulit ketika Anda membuat produk Anda sendiri dan memproduksinya sendiri. Tidak jarang pengusaha konveksi harus rela menjual atau menjajakan produk konveksinya sendiri, sebelum pada akhirnya mereka mampu masuk kedalam pasar dan hanya tinggal menunggu pesanan.

8. Kursus
Jika Anda memiliki kemampuan terhadap suatu bidang akademis atau non akademis kursus merupakan bisnis yang cocok buat Anda, menjadi pilihan bisnis yang bisa dilakukan di rumah. Untuk langkah awal, Anda bisa mengajak anak-anak atau teman-teman sekitar Anda untuk kursus di tempat Anda. Anda bisa mengajak atau meminta tenaga ahli untuk menjadi seorang pengajar di tempat kursus Anda itu. Jika memang Anda mau dan mampu, Anda juga bisa menjadi salah satu pengajar didalamnya.

9. Usaha Gorengan
Makanan ringan satu ini banyak digemari hampir disemua kalangan. Berbagai macam ragam jenis gorengan yang telah popular dimasyarakat seperti ; tempe goreng, tahu isi, bakwan, ubi goreng, pisang goreng, tape goreng, dll. Dan jenis gorengan yang paling fenomenal yakni ayam goreng Kentucky Fried Chicken atau KFC, maka dapat diambil kesimpulan bahwa prospek usaha gorengan pun mampu menjadi jaminan masa depan, jika mampu untuk mengembangkan resep yang lebih inovatif dan unik dari jenis gorengan yang telah ada. Untuk modal awal bisnis gorengan ini mulai dari Rp 300.000 sampai Rp 1.000.000,.

10. Usaha Kreatif Figura
Selalu ada yang menarik dari limbah kertas. Jika Anda seorang yang kreatif, maka sangat mudah untuk mendapatkan rupiah dengan berkreasi dari limbah kertas. Misalnya dengan membuat figura karton dengan aneka macam corak warna dan ukuran. Dengan bahan utama kertas karton, berbagai macam figura dari ukuran 2R hingga 10R dapat Anda hasilkan. Harga figura karton ini berkisar mulai Rp. 5000 hingga Rp. 500.000,. Untuk pemasarannya Anda bisa membuka galeri sendiri di rumah, menyewa tempat yang strategis, menitipkan di toko buku, toko kado/pernik, atau di tempat pemesanan undangan.

11. Bisnis Pulsa Elektrik
Isi ulang pulsa elektrik dapat ditemukan di manapun karena usaha ini sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan. Anda yang ingin menjalankan bisnis ini tidak memerlukan banyak tenaga, hanya dengan bermodalkan telepon genggam dan uang minimal Rp 100.000,. Anda sudah dapat memulainya. Konsumen perdana Anda dapat dimulai dari kalangan keluarga, teman, ataupun tetangga.

12. Toko Klontong/Sembako
Rumahpun bisa disulap menjadi toko yang menjual segala kebutuhan rumah tangga atau sembako. Selain untuk mencari nafkah, toko sembako atau yang biasa disebut toko klontong ini juga membantu masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhannya. Karena, biasanya harga yang ditawarkan akan lebih murah dari yang dijual di swalayan atau di toko-toko besar. Anda bisa memilih bisnis ini untuk Anda geluti di rumah Anda.

 

Silahkan pilih bisnis yang Anda sukai, karena dengan bisnis yang Anda sukai maka kita akan semangat untuk menjalankannya. Selamat mencoba…!!!

  •   Published On : 3 tahun ago on November 19, 2014
  •   Author By :
  •   Last Updated : Februari 13, 2016 @ 4:29 pm
  •   In The Categories Of : BISNIS
  •   Tagged With :

About the author

Penulis

Saya seorang Wiraswasta yang suka nge-blog dan share informasi di blog.

2 Comments

  1. Toni berkata:

    saran yang bagus dan memuaskan, terima kasih

Tinggalkan Balasan - Klik Icon Sosial Media, jika berkomentar dengan Sosial Media

You might also reading...

Krisis Kastil Castle Clash

Krisis Kastil Castle Clash dan Pahlawan Terbaru

Read More