IMAM FIRDAUS BLOG

Blog Tempat Kita Belajar, Berbagi, dan Bermain

Back to Top
Solusi Nutrisi Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Solusi Nutrisi Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Assalamu’alaikum.
Imam Firdaus Blog – Solusi Nutrisi Saat Menjalankan Ibadah Puasa, sebelumnya Saya Selaku Admin Imam Firdaus Blog Mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadan, semoga Allah SWT menerima Amal ibadah kita semua umat muslim. Aamiin. 😀 😀 😀
Bicara soal puasa tentu kita berfikir tentang kebugaran saat menjalankan puasa setiap hari selama 1 bulan penuh, tentu saja kita berfikir pula tentang kesehatan kita dan bagaimana caranya kita mampu menahan lapar dan haus pada saat menjalankan ibadah puasa di gandeng dengan kesehatan tubuh kita? :D. dan yang terpenting lagi adalah menjaga nutrisi yang di butuhkan tubuh kita untuk menjalankan ibadah puasa.

Solusi Nutrisi Saat Menjalankan Ibadah Puasa

copyright – Imam Firdaus Blog

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kesehatan kita terganggu ketika menjalankan ibadah puasa, terutama pada segi makanan yang kita konsumsi ketika berbuka puasa atau pada saat sahur, dan perlu kita sadari bahwa kita harus menghindari makanan goreng-gorengan, jangan terlalu banyak makan gorengan karena dapat menyebabkan kerusakan peradangan radikal bebas, Teringat dahulu sewaktu saya mengkonsumsi makanan sembarangan pada saat menjalankan ibadah bulan puasa, sama mengalami sakit yang cukup parah, makan terlalu banyak ketika berbuka puasa juga tidak baik, hendaknya kita makan secukupnya saja, dan dengan teratur, misalnya di bagi menjadi 3 yaitu makan ketika berbuka puasa, lalu setelah sholat Tarawih, dan yang terakhir adalah pada saat kita sedang sahur, hendaknya juga mengkonsumsi buah buahan, dan jangan terlalu banyak makan-makanan yang di goreng, ini akan menambah nutrisi ketika kita menjalankan ibadah puasa ramadhan.

oke mari kita jelaskan apa yang terjadi dalam tubuh kita, ketika kita sedang menjalankan ibadah puasa, Pada saat menjalankan ibadah Puasa, maka metabolisme kita akan menurun yang selanjutnya tubuh akan menjadi mendelegasikan sumber daya tersebut untuk penyembuhan tubuh dengan lebih baik, karena jika kita dalam keadaan tidak berpuasa pada bulan-bulan biasa yang bukan pada saat bulan ramadhan tubuh kita akan terus-menerus mencerna makanan yang kita konsumsi dan tentu saja itu juga melelahkan pada berbagai macam organ dalam tubuh kita.
Pada dasarnya Tubuh kita awalnya menggunakan glukosa yang beredar yaitu karbohidrat yangr terakhir kita konsumsi untuk menjaga fungsi tubuh dan mempertahankan berbagai macam borgan, sumber energi inilah yang membuat tidak berlangsung lama. Setelah itu badan mengalami pergeseran ke zat glukosa yang tersimpan dalam berbagai botot dan kemudian menuju ke hati ( hati akan disimpan sebagai glikogen). Kemudian setelah begitu dekat berkurangnya sumber-sumber daya energi tersebut, tubuh bergeser ke penggunaan protein yang sudah disimpan, ini melibatkan konversi asam jenis amino (yaitu zat protein dalam bentuk yang paling sangat sederhana ) yang akan menjadi glukosa (sebuah proses yang disebut sebagai glukoneogenesis). Ketika berbagai sumber-sumber primer bahan bakar yang digunakan tubuh kita, tubuh akhirnya resor untuk menggunakan lemak sebagai energi yang mampu di andalkan, walaupun tidak disukai sumber yang lain.

Karena puasa dalam ruang lingkup kesehatan adalah menahan lapar dan haus dari imsyak sampai magrib maka penggunaan lemak tubuh agak sedikit apabila di bandingkan dengan penggunaan protein dan karbohidrat, Hal yang terpenting adalah selalu Ingat, tubuh kita tidak akan menggunakan lebih banyak lemak selama puasa ramadhan ( apabila dibandingkan dengan jumlah protein dan karbohidrat yang terhimpun), jadi pengisian protein dan karbohidrat dalam tubuh harus menjadi prioritas utama, itu tidak berarti Anda dapat makan berbagai macam makanan yang di goreng dan semua makanan yang mengandung zag gula yang berlebihan Anda inginkan, yang mungkin itu dapat tidak akan bekerja dengan sangat baik dalam tubuh Anda.

Berbagai macam makanan yang dapat membantu ketika Anda sedang menunaikan ibadah puasa adalah, makanan tanpa gorengan lebih baik di kukus, buah buahan, sayuran terutama yang mempunyai zat Antioksidan yang mampu mengurangi resiko radikal bebas, sebaiknya Anda memakan sayuran atau kecamba dalam bentuk mentah, atau jika Anda tidak mau Anda dapat memasaknya dengan cara di kukus tapi jangan terlalu lama. berhubung ini bulan puasa maka saya sengaja menulis artikel ini yang insyaallah bermanfaat bagi teman-teman umat muslim yang sedang menjalankan ibadah di bulan ramadhan yang penuh dengan pahala ini. Semoga bermanfaat wassalam. 😀

About the author

ACHMAD. Rudy Firdaus

Administrator

Siapa saya? Saya pendiri Imam Firdaus Blog hanyalah seseorang yang Hobi dalam aktivitas Nge Blog, dan juga hobi otak-atik Website, walaupun tidak jelas tapi saya ingin menjadi seseorang yang bermanfaat :D .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

You might also reading...

Creation-01 New Hero Castle Clash

Creation-01 Pahlawan Hero Terbaru Castle Clash

Read More